Social Icons

Pages

Jumat, 21 Desember 2012



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


     Salah satu penyebab Allah memuliakankita adalah saling menebar salam di antara kita ketika bertemu. Maka sudah semestinya bagi setiap muslim untuk menjaga karunia Allah ini dengan menebarkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal.
Disebutkan dalam sebuah hadits :
  " Dari Abullah bin Amru bin Al-Ash, bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasalla, " Amalan Islam mana yang paling baik ?" Rasulullah  Shallallahu ‘alayhi wasallam menjawab, " kamu memberi makan dan mengucapkan salam terhadap orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal." (HR. Bukhari dan Muslim)

     Tata cara mengucapkan salam menurut syar'i yaitu seseorang yang memulai salam mengucapkan, "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh". Lalu orang yang menjawabnya mengatakan, " Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh". Kalau seorang muslim hanya mengucapkan 'Assalamu'alaikum' saja, maka sudah cukup baginya, hanya saja dia telah menyia - nyiakan pahala yang banyak bagi dirinya. Karena kalau mengucapkan salam kepada saudaranya hanya dengan 'Assalamu'alaikum' , baginya sepuluh kebaikan, jika ditambah dengan 'Warahmatullah', baginya dua puluh kebaikan, dan jika di tambah lagi dengan 'Wabarakatuh' , maka baginya tiga puluh kebaikan.  
    
      Dalam Sebuah hadits dari 'Imran bin Al - Hushain bahwa ada seorang laki - laki menghadap Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam dan berkata, "Assalamu'alaikum", Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam menjawabnya, lalu orang itu duduk. Kemudian Nabi  Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda, "Sepuluh". Setelah itu datang orang lain dan berkata, "Asslamu'alaikum Warahmatullah". Rasulullah menjawabnya, lalu orang itu duduk. Kemudian beliau bersabda, "Dua Puluh". Setelah itu datang orang lain lagi dan berkata, "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh". Nabi menjawabnya, lalu orang tadi duduk. Kemudian Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda, "Tiga Puluh". (HR. Abu Dawud dan At-Tarmidzi)

 Salam berarti keamanan, jika anda mengucapkan  kepada muslim yang lain, "Assalamu'alaikum", berarti Anda telah mendoakan ketenteraman, ketenangan, kegembiraan dan kebahagian atasnya.

        Perlu di ketahui bagi setiap muslim dan muslimah, hukum mendahului mengucapkan salam Adalah Sunah, yaitu amalan yang di kerjakan dan di biasakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam. Adapun Hukum menjawab salam adalah Fardhu, sehingga bagi seseorang yang tidak menjawab salam yang ditunjukan kepadanya, berarti dia dalam keadaan berdosa. 
Allah Subhaanahu wa Ta’Ala berfirman :
" Apabila kamu di beri penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang sempurna). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu. (An-Nisa : 86)

        Di antara adab memberi salam yang seharusnya di pahami oleh seorang muslim adalah seperti yang di sebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda :
" Orang yang naik kendaraan memberi salam terlebih dahulu kepada orang yang berjalan dan orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk dan kelompok yang sedikit memberi salam kepada kelompok yang lebih banyak." (HR. Bukhari)



"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat qu, salam Sayang qu untuk semua"

0 Comments:

Post a Comment